B2C

B2C merupakan kepanjangan dari business to-costumer,yang merupakan model bisnis dimana aktivitas perdagangan berlangsung dari bisnis.yang menyediakan barang atau jasa kepada konsumen akhir.perusahan B2C umumnya menyediakan barang dan jasa untuk penggunaan pribadi konsumen.

Karakteristik B2C

  • Terbuka. Karakteristik yang pertama adalah terbuka untuk umum dan tidak terbatas. …
  • . Transaksi Sederhana. Selanjutnya adalah prosedur transaksi model bisnis ini terjadi secara sederhana. …
  • . On Demand. …
  • Persaingan Tinggi. …
  • Penjual Langsung. …
  • . Berbasis Periklanan. …
  • Perantara Online. …
  • . Berbasis Biaya.

CONTOH

Model Bisnis LAZADA B2C

Dengan model bisnis yang B2C terlihat bahwa lazada menawarkan berbagai produk yg akan dijual dengan cara retail online yang memang mempunyai gudang sendiri.

dengan menerapkan model bisnis LAZADA yang B2C tentu ada berbagai keunggulan yang akan anda nikmati dari e-commerce satu ini.

  1. harga yang ada di lazada belum harga mati.
  2. semua konsumen bisa mempelajari barang barang yang ditawarkan di lazada.
  3. anda bisa langsung meminta barang dikirimkan dengan harga yang sudah disepakati pedagang.
  4. bisa membayar dengan memakai kartu kredit.

sementara itu ada beberapa karakteristik yang menonjol dari model bisnis lazada B2C yang diterapkan di Lazada di antaranya ada.

1.pelayanan yang ditawarkan oleh lazada sifatnya sangat umum,sehingga mekanisme bisa dipakai oleh siapapun.

2.sangat terbuka lebar untuk umum.hal ini kemudian membuat mendapatkan informasi dengan mudah.

bahkan,CMO (Chief marketing officer) Lazada pernah mengatakan bahwa salah satu kelebihan model B2C yang digunakan oleh Lazada adalah control yang cukup kuat terhadap semua barang atau produk yang nantinya akan dijual,sehingga Lazada sudah menyediakan sistem layanan pengirimanya sendiri.hal ini bertujuan untuk meminimalisir kesalahan transaksi dalam proses pengiriman barang.

Lazada juga mengakui,bahwa ada barang barang yang didatangkan dari luar negeri contohnya dari china.ya walaupun barang impor namun lazada tetap akan memastikan semua konsumen akan mendapatkan biaya normal tanpa ada biaya tanbahan yang pasti akan memberatkan pihak konsumen.

jadi,sudah sangat jelas ya model bisnis LAZADA adalah B2C.

dengan menerapkan model B2C,Lazada hadir dengan berbagai keunggulan untuk kamu yang suka berbelanja.misalnya dari segi harga,promo,produk,pembayaran,hingga tampilanya.

Fitur Pada Model Bisnis Lazada

1.Promo

Nah,kelebihan satu ini pasti akan membuat kamu betah untuk terus berbelanja di Lazada.

2.produk

lazada menawarkan aneka produk yang bisa kamu pilih.dengan banyaknya tawaran produk tak heran jika banyak yg lebih memilih berbelanja di Lazada tempat lain.

3.Pembayaran

Lazada menawarkan berbagai jenis pembayaran yang bisa anda pilih,salah satunya adalah COD(cash on Delivery).

4.Tampilanya

Kemudian mengakses situs atau aplikasi sebuah tempat pembelanjaan online tentu menjadi daya tarik sendiri.maka lazada hadir dengan tampilanya yg sederhana dan mudah digunakan sehingga bisa kamu akses kapanpun dan dimanapun kamu mau.

sekian pembahasan singkat mengenai model bisnis Lazada.

G2B

Government to Business (G2B) adalah suatu tipe hubungan pemerintah dengan bisnis. Karena sangat dibutuhkan relasi yang sangat baik, antara pemerintah dengan kalangan bisnis. Tujuannya demi kemudahan berbisnis masyarakat kalangan pembisnis, contohnya seperti: http://www.indotender.com. Atau informasi menganai pajak perseroan, peraturan pemerintah (hukum bisnis), pendaftaran perusahaan, peluang usaha atau bisnis, dsb.

CONTOH

Ruang Guru adalah platform pembelajaran daring yang memiliki banyak fitur (boleh jadi, terlalu banyak) untuk mendukung kegiatan belajar dan pembelajaran siswa di luar sekolah yang menggunakan media Aplikasi Mobile (Android & iOs).

PEMERINTAH

Dukungan Pemerintah untuk Cara Kerja Ruang Guru

Dengan berbagai layanan terbaik yang tersedia di dalamnya, Ruangguru dipercaya dapat mendukung pemerintah Indonesia dalam upaya memajukan sistem pendidikan nasional. Terbukti, startup ini telah menjalin kemitraan dengan 32 dari 34 pemerintah provinsi di Indonesia dan lebih dari 325 pemerintah kota dan kabupaten.

Banyak diantaranya menggunakan fitur RuangKelas untuk membantu para siswa dalam mempersiapkan ujian masuk sekolah. Hingga akhir Januari 2018, Ruangguru telah menjadi bisnis yang mapan dengan 254 staf dan telah menarik lebih dari tujuh juta siswa dan mencapai 900.000 pengguna langganan aktif bulanan.

Kerja sama dengan Ruangguru  Sementara untuk Ruangguru, kerja sama dilakukan dengan latar belakang bisnis model yang memang sesuai dengan program pemerintah. Selain itu, Ruangguru telah memiliki pasar yang besar di Indonesia. “Ruangguru kan memang core business-nya jualan modul dan mereka besar, dan kami enggak bisa mengesampingkan itu,” ujar Denni. Secara total, ada delapan platform digital yang bekerja sama dengan pemerintah, yaitu Bukalapak, Tokopedia, Mau Belajar Apa, Ruangguru, Pijar Mahir, Pintaria, Sekolahmu, dan prakerja.kemnaker.go.id. Denni pun mengatakan, pemerintah membuka kesempatan bagi perusahaan digital lain yang ingin menjadi mitra program Kartu Prakerja. Hingga saat ini, menurut Denni, sudah ada empat mitra digital baru yang menunjukkan ketertarikan untuk menjadi platform digital Kartu Prakerja. Namun demikian, pemerintah masih dalam proses evaluasi program yang baru terlaksana dalam beberapa pekan belakangan. “Tapi, kami tentu evaluasi juga yang delapan mitra ini. Jadi tidak terburu-buru untuk ekspansi,” pungkas Denni.

Skema Detil Cara Kerja Ruang Guru

Mengingat padatnya informasi yang harus dirangkum dalam artikel ini, berikut adalah tata cara untuk menggunakan layanan RuangLesOnline yang merupakan layanan paling hits dari Ruangguru.

  • Siswa membeli token Ruangguru melalui transfer bank, kartu kredit, atau melakukan pembayaran melalui dari jaringan supermarket yang bermitra dengan Ruangguru (Indomaret dan Alfamart).
  • Siswa masuk ke web atau aplikasi seluler Ruangguru (Android dan iOS) lalu pilih layanan RuangLesOnline.
  • Siswa memilih kelompok dan mata pelajaran tahun mereka sebelum membayar untuk slot waktu tertentu (misalnya 30 menit).
  • Siswa memilih topik/bidang pelajaran/masalah yang membutuhkan bantuan.
  • Ruangguru mencocokkan siswa dengan tutor yang paling cocok berdasarkan algoritma. Semua tutor diperiksa oleh tim Ruangguru melalui serangkaian wawancara dan sesi tutor-siswa dipantau secara ketat.
  • Tutor menerima pemberitahuan dan dapat mengonfirmasi untuk mengambil pekerjaan.
  • Siswa dan tutor berdiskusi secara real time. Siswa dapat mengajukan pertanyaan kepada tutor sebanyak yang mereka inginkan dalam slot waktu yang ditentukan.
  • Tutor dan siswa menilai dan mengulas satu sama lain setelah sesi berakhir.
  • Ruangguru akan membayar tutor untuk sesi aktif mereka setiap bulan dikurangi komis

C2C

Apa Itu C2C? Secara gamblang, menurut Investopedia, C2C adalah model bisnis di mana customer atau pelanggan dapat saling menjual dagangannya kepada satu sama lain. Contoh sederhana dari model bisnis ini adalah marketplace atau e-commerce seperti Bukalapak, Tokopedia, BliBli, Shopee, dan marketplace lainnya.

Ciri-Ciri C2C

C2C sebagai salah satu model transaksi tentunya melibatkan konsumen sebagai pelaku utama. 

1. Terjadi Interaksi Antara Beberapa Konsumen

Ciri yang paling utama dari C2C adalah adanya interaksi antara beberapa konsumen. Perlu dicatat bahwa orang yang melakukan sistem transaksi ini adalah konsumen, sehingga dia tidak memproduksi barang atau menyediakan produk dalam jumlah yang sangat banyak.

Interaksi yang terjadi dapat berupa transaksi jual beli biasa ataupun lelang. Lalu, komunikasi antar konsumen juga terjadi secara intens.

2. Produk Diiklankan atau Dipromosikan

Dalam model C2C, tentu ada produk yang ditawarkan. Bentuk C2C memudahkan individu untuk menjual atau mencari barang yang akan dibeli.

Contoh promosi C2C adalah iklan baris dalam website. Promosi C2C lainnya dapat dilakukan dengan menyertakan gambar, seperti produk yang diiklankan dalam platform marketplace.

3. Adanya Media Terjadinya Interaksi

Media sangat diperlukan untuk terjadinya transaksi customer to customer. Contoh perusahaan C2C adalah marketplace seperti Amazon dan Bukalapak; media sosial seperti Facebook; dan situs lelang seperti eBay atau IBID oleh Astra.

CONTOH

IKLAN BARIS

Hasil gambar untuk jelaskan iklan baris

Apa yang dimaksud dengan iklan baris?

Secara umum, iklan baris adalah iklan singkat yang muncul di kolom media cetak seperti koran atau majalah. Biasanya, iklan baris menampilkan penjualan sejumlah barang dan properti, juga informasi mengenai lowongan kerja.

Dalam Bahasa Inggris, iklan baris adalah disebut sebagai classified advertising. Merujuk pada Cambridge Dictionary, iklan baris adalah jenis iklan kecil yang sering dipasang di media cetak, ditujukan untuk menjual atau membeli produk atau menawarkan pekerjaan.

Pendeknya iklan baris adalah untuk menghemat biaya pengeluaran iklan. Semakin sedikit baris yang digunakan, maka semakin hemat pula biaya yang dikeluarkan. Ini karena penetuan tarif memasang iklan baris adalah jumlah barisnya. Untuk mempersingkat kata-kata dalam iklan baris, kerapkali pengiklan menyingkat kata atau frase, misalnya “nomor” hanya ditulis dengan “no”. “Administrasi” disingkat menjadi “Adm”. Lalu “cepat” ditulis “cpt”, “dekat ditulis “dkt”, “luas tanah” ditulis “lt”, “jual” ditulis “jl”, dan sebagainya. Pada umumnya, iklan baris adalah terdiri hanya 2 sampai 3 baris saja. Informasi yang dicantumkan dalam iklan baris pun hanya seperlunya saja, misalnya nomor telepon dan alamat.

Contoh iklan baris Contoh iklan baris 1 (penjualan proerti) Jl rumah lt/lb 200/300m, beji, depok, dkt stasiun, SHM, 500jt, NEGO. Hub 083339870965 (Dita) Iklan baris itu artinya seorang bernama Dita menjual rumah dekat stasiun di kawasan Beji Depok dengan luas bangunan 200 meter persegi dan luas tanah 300 meter persegi, dengan harga penawaran Rp 500 juta dan masih bisa dinegosiasi dengan menghubungi kontak 083339870965.

Dalam surat kabar, iklan baris adalah dikelompokan sesuai dengan kategorinya. Dalam contoh iklan baris di surat kabar, pengelompokan umumnya terdiri dari lowongan kerja, jual beli kendaraan, jual beli properti, penawaran jasa, kehilangan barang, dan sebagainya.

Leave a comment